Pageloader

RINNOVA CONVENTION I – 2016

//RINNOVA CONVENTION I – 2016

“Innovation for Reliable Solutions”

Salam Inovasi,

Menurut ISO 8402 – Quality Vocabulary, bahwa pengertian “Quality” atau “Kualitas” seringkali diartikan sebagai kepuasan pelanggan atau konformans terhadap kebutuhan (persyaratan). Ada juga yang mengartikan Quality merupakan segala sesuatu yang menentukan kepuasan pelanggan dan upaya perubahan ke arah perbaikan terus menerus yang berorientasikan terhadap PQCDSME (Productivity, Quality, Cost, Delivery, Safety, Morale & Environtment).

Quality sangat diperlukan pada bisnis apapun sebab dalam bisnis diperlukan segala sesuatu yang lebih murah, lebih mudah, lebih baik dan lebih cepat. Semua tuntutan kebutuhan bisnis tersebut dapat dicapai jika pelaku bisnis memperhatikan dan menjalankan konsep kualitas. Menjalankan konsep kualitas dapat diartikan bahwa pelaku bisnis tersebut sedang melakukan perubahan dalam dirinya.

Ada 3 alasan pelaku bisnis harus melakukan perubahan. Pertama adalah bagi pelaku bisnis yang sudah berdarah-darah maka perubahan adalah satu-satunya pilihan yang harus diambil atau dengan kata lain harus dipaksa untuk berubah jika ingin bisnisnya tetap bertahan. Kedua adalah bagi pelaku bisnis yang bisnisnya sedang dalam kondisi baik, tetapi melihat adanya ancaman di masa depan maka perubahan pilihan (proaktif). Yang ketiga bagi pelaku bisnis yang saat ini sedang memimpin pasar (market leader) dan tidak ada ancaman di masa mendatang maka perubahan merupakan budaya dan gaya hidup perusahaan (company culture / life style).

Geliat kegiatan Quality Improvement sudah mulai terasa di lingkungan PT Riung Mitra Lestari sejak tahun 2015. Masing-masing jobsite telah melaksanakan program inovasi baik itu berupa Quality Circle Control (QCC), Quality Circle Planning (QCP) dan Suggestion System (SS). Program-program inovasi tersebut kemudian dikompetisikan dalam sebuah konvensi untuk melahirkan para juara di masing-masing jobsite. Tim-tim terbaik dari masing-masing jobsite yang telah berhasil menjuarai konvensi di tingkat jobsite akan kembali berkompetisi dalam konvensi tingkat lokal perusahaan.

Apa tujuan diadakannya berbagai macam program inovasi di perusahaan? Pernahkah kita perhatikan, produk yang hampir sama tetapi memiliki harga yang jauh berbeda? Misalnya harga satu gelas kopi, di warung kopi dibandingkan dengan di café harganya bisa selisih 5 kali lipat. Sama-sama keripik singkong, harganya bisa jauh berbeda selisihnya. Apa yang membuat produk memiliki harga jauh lebih mahal dibandingkan dengan produk lain? Salah satunya karena produk itu mempunyai nilai tambah (value added). Sama halnya dengan sebuah project, apabila kita ingin memiliki nilai atau harga yang tinggi, maka value added adalah hal yang wajib dimiliki. Pondasi dasar agar kita memiliki nilai tambah yaitu kita harus mempunyai nilai yang melekat dengan diri kita. Dengan value tersebut, semua hal yang dikerjakan akan mempunyai nilai dan energi yang besar.

Untuk terus merangsang dan menggalakkan pertumbuhan inovasi ditengah-tengah karyawan, management Head Office PT Riung Mitra Lestari menyelenggarakan RIUNG Innovation (RINNOVA) Convention I – 2016 pada 17 Mei 2016 di Head Office – Bekasi dengan mengundang 7 tim QCC terbaik yang berhasil menjuarai konvensi di tingkat jobsite dan 1 tim SS dari Head Office. Adapun tim yang dimaksud tersebut yakni

  1. Tim QCC “No Error” – Departemen Engineering, Jobsite Rantau
  2. Tim QCC “Al Asri” – Departemen Produksi & TDC, Jobsite Rantau
  3. Tim QCC “PREMAN” – Departemen Plant & Logistic, Jobsite Embalut
  4. Tim QCC “GWS” – Departemen Engineering, Jobsite Embalut
  5. Tim QCC “Mangrove” – Departemen Engineering, Jobsite Embalut
  6. Tim QCC “Sahabat Wheel” – Departemen Plant & Logistic, Jobsite Krassi
  7. Tim QCC “Resgo Dimensi” – Departemen Produksi & TDC, Jobsite Krassi
  8. Tim SS “HEBAT” – Departemen HRGA, Head Office

Sebelum memaparkan hasil improvement-nya di panggung konvensi, semua tim telah melewati tahap penilaian lapangan, yakni tim juri langsung datang ke Jobsite untuk melakukan penilaian terhadap masing-masing tim atas proses improvement yang dilakukan dan hasil aplikasinya. Dimana penilaian lapangan memiliki bobot 90% sedangkan pemaparan tim di panggung konvensi berbobot 10%.

Dihadapan Presiden Direktur PT Riung Mitra Lestari, juri eksekutif, jajaran manajemen dan tamu undangan, peserta konvensi secara bergantian menyuguhkan penampilan terbaik mereka dalam waktu yang cukup singgat untuk melalukan role play program QCC yang telah dilakukan di jobsite. Tak ketinggalan untuk membuka penampilan saat akan role play, masing-masing tim wajib melakukan yel-yel agar lebih bersemangat. Totalitas tim juga tampak dari peralatan pendukung yang digunakan dalam penyajian role play.

Setelah semua tim tampil di panggung konvensi, tibalah saat pengumuman pemenang. Hasil penjurian dibacakan langsung oleh Leader Rinnova, Supardi. Adapun tim yang berhasil menjadi Juara dalam RINNOVA Convention I – 2016 adalah Tim PREMAN (Juara I), Tim No Error (Juara II) dan Tim Mangrove (Juara III). Tim yang berhasil menjuarai kompetisi ini masing-masing mendapatkan hadiah berupa Tropy dan uang pembinaan. Sedangkan Tim yang menjadi juara I dalam RINNOVA Convention – 2016 akan dikirim untuk mengikuti kegiatan di tingkat nasional, TKMPN yang diselenggarakan di Pulau Dewata, Bali. Selamat untuk para pemenang, jangan pernah lelah untuk terus berinovasi.

Tujuan dilakukan QCC dilakukan dilingkungan perusahaan PT Riung Mitra Lestari menurut Project Manager site Riung Embalut saat di wawancarai tim redaksi (hahahaha…..Edit ya Pit):

“Pernahkah kita perhatikan, produk yang hampir sama tetapi harganya berbeda? Satu gelas kopi, misalnya,  harganya bisa selisih 5 kali lipat. Sama-sama keripik singkong harganya bisa jauh berbeda. Apa yang membuat suatu produk memiliki harga jauh lebih mahal dibanding produk lain? Salah satunya karena produk itu punya nilai tambah (value added). Sama halnya dengan sebuah project, apabila kita ingin memiliki nilai atau harga yang tinggi, maka milikilah value added. Pondasi dasar agar kita memiliki value added adalah kita harus punya value yang melekat dengan diri kita. Dengan value, semua hal yang kita kerjakan mempunyai nilai dan energy yang besar.

Saat ini Site Embalut sedang menuju sertifikasi ISO 9001 mengenai manajemen Mutu. QCC sebagai wujud dari Continuous improvement, menjadi jalan sebagai wujud partisipasi dan kontribusi semua komponen di Site dalam meraih tujuan perusahaan. Inilah yang kami maksud dengan “Added value” tadi. Dengan semangat belajar bersama, 1st QCC Convention Site Embalut sudah kami selenggarakan di bulan agustus dengan peserta adalah team dari 4 departemen (PRO,ENG,PLANT dan GEA), evaluasi dari 1st convention memang banyak yang perlu dipoles ulang akan tetapi yang membuat kami tercengang adalah antusiasme dari semua team yang tampil. Saat ini kami sedang prepare team session 2 untuk menuju 2nd QCC Convention yang InsyaAlloh kami akan selenggarakan di bulan Desember 2015.  Melalui QCC ini kami berharap, semua pihak dari semua level dalam perusahaan dapat  memberikan kontribusi dengan melakukan perbaikan-perbaikan kecil di masing-masing unit kerjanya, sehingga dengan perbaikan-perbaikan kecil itulah akan terkumpul dampak yang signifikan apabila semua perbaikan tersebut diakumulasikan.

Kami percaya bahwa, perjalanan 1000 kilometer pun dimulai dari satu langkah kecil. Semoga Alloh memberkahi usaha kita semua. Aaamiin. “ R. Eko Jati Kurniawan (Project Manager).