Pageloader

Geliat Kegiatan Quality Improvement Riung Mitra Lestari

/Geliat Kegiatan Quality Improvement Riung Mitra Lestari

Salam Innovasi,

Menurut ISO 8402 – Quality Vocabulary, bahwa pengertian Quality atau kualitas seringkali diartikan sebagai kepuasan pelanggan atau konformans terhadap kebutuhan atau persyaratan. Ada juga yang mengartikan Quality adalah segala sesuatu yang menentukan kepuasan pelanggan dan upaya perubahan ke arah perbaikan terus menerus yang berorientasikan terhadap PQCDSME (Productivity, Quality, Cost, Delivery, Safety, Morale & Environment).
Sehingga didalam bisnis apapun sangat diperlukan suatu Quality, karena di dalam bisnis diperlukan sesuatu yang lebih murah, lebih mudah, lebih baik, dan lebih cepat, semua itu dapat dicapai jika pelaku bisnis memperhatikan dan menjalankan konsep kualitas. Menjalankan Konsep Kualitas dapat diartikan bahwa pelaku bisnis tersebut sedang melakukan Perubahan dalam dirinya. Ada 3 alasan kenapa pelaku bisnis mesti melakukan Perubahan, yang pertama adalah bagi Pelaku Bisnis yang sudah berdarah – darah maka perubahan adalah satu – satunya pilihan yang harus diambil atau dengan kata lain harus dipaksa untuk berubah jika ingin tetap survive. Yang kedua bagi Pelaku Bisnis yang saat ini sedang dalam kondisi baik, tetapi melihat adanya ancaman di masa depan maka Perubahan merupakan pilihan atau diistilahkan dengan Proaktif. Yang ketiga bagi Pelaku Bisnis yang saat ini sedang memimpin (market leader), dan tidak ada tanda-tanda ancaman di masa depan maka Perubahan merupakan budaya dan gaya hidup (culture/ life style).
Geliat kegiatan Quality Improvement sudah mulai terasa di Lingkungan PT. Riung Mitra Lestari, seperti yang sudah dilakukan oleh Site Embalut Kalimantan Timur, yaitu menyelenggarakan kegiatan konvensi quality improvement yang dikemas dengan Nama : 1st Internal QCC Convention 2015 Site Embalut yang dilaksanakan di Samarinda pada tanggal 9 Agustus 2015 dengan tema yang diangkat adalah “Transforming Innovation for Sustanibility”. Proses kegiatan ini diiikuti oleh 4 Tim dari masing – masing departemen, yaitu Team QCC Heboh (GEA Dept), Team QCC Road Show (Prod Dept), Team QCC Mangrove (Eng Dept) dan Team QCC GOH (Plant Dept). Pada kegiatan konvensi ini langsung ke Penjurian Eksekutif tanpa dilakukan Penjurian Lapangan terlebih dahulu dengan mekanisme Penjurian dan Penilaian terhadap masing – masing Team QCC dilakukan oleh Juri Eksekutif yang terdiri dari Bp. Supardi (TDC HO), Bp. Budiawan Hendarto (Operation HO) dan Bp. R. Eko Jati (PM Site Embalut) menggunakan Form Penilaian standard Konvensi QCC yang berlaku di PT. Riung Mitra Lestari.
Berdasarkan hasil Penjurian dan Penilaian Para Juri Eksekutif pada 1st Internal QCC Convention 2015 Site Embalut maka diputuskan bahwa :
QCC Terbaik Pertama : Tim QCC Mangrove (Eng Dept)
QCC Terbaik Kedua : Tim QCC Road Show (Prod Dept)
QCC Terbaik Ketiga : Tim QCC Heboh (GEA Dept)
QCC Terbaik Keempat : Tim QCC GOH (Plant Dept)
Selamat kepada para Tim Pemenang dalam Konvensi yang pertama di Site Embalut dan bahkan yang pertama di PT. Riung Mitra Lestari, semoga dapat mendorong lebih menggeliat lagi kegiatan Quality Improvement di seluruh Job Site PT. Riung Mitra Lestari. Rencana kedepan bagi Tim QCC terbaik dari Konvensi QCC Internal masing – masing Site akan tampil dalam Konvensi Nasional QCC PT. Riung Mitra Lestari di tahun 2016.
Tekad Inovasi
Tak Kenal Lelah Bercurah Ide
Terus Berjuang Bersama Tim
Pantang Berhenti Sebelum Jadi

Tim Juri Konvensi (Supardi)